Welcome To Azteca's Blog

Rabu, 03 Oktober 2012

APA ITU DESAIN GRAFIS ?



Pendaguluan :

Sebelum memahami apa itu “Desain Grafis”, ada baiknya memahami “Desain” dan “Grafis” terlebih dahulu. Desain dapat dikatakan sebagai sebuah kerangka atau rancangan, sementara grafis memiliki arti sesuatu yang bersifat graf atau dilambangkan dengan huruf. Jadi secara kasar definisi dari “Desain Grafis adalah proses perancangan suatu pemikiran yang dituangkan dengan menggunakan grafik, foto, gambar, huruf, ilustrasi, dll.

Pengertian luas “Desain Grafis” dari Wikipedia :  

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Pengkategorian Desain Grafis :

1. Printing (Percetakan) : desain buku, majalah, poster, booklet, pamflet, periklanan, dll.
2. Web Desain
3. Film
4. Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Desain).
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Dengan seiringnya perkembangan Desain Grafis maka ruang lingkup dari kategori diatas dapat saja meluas dan semakin spesifik.

Peralatan Desain Grafis :

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebgaia sebuah desain sebelum atau dinyatakan dalam bentuk visual.

Pada pertangahan 1980, kedatangan dekstop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi pada manipulasi image dengan komputer dengan penciptaan image 3D (3 dimensi) yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancangan untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan
tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dati media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Seorang percancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan atau komputer.

Perinsip Dan Unsur Desain :

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Desain Grafis Fundamental :

Desain adalah proses – cara – perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang

Grafis adalah goresan yang berupa titik atau garis yang berhubungan dengan cetak-mencetak

Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversiv atau sesuatu yang mudah diingat. (Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com)

Seorang Desainer harus ditopang oleh minimal lima dimensi keilmuan:
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial dan Budaya
5. Wawasan Filsafat dan Etika

Macam-macam Software :

1. Dekstop Publishing :
·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Adobe Indesign
·         Page Maker
·         Coreldraw
·         GIMP
·         Inkscape
·         Adobe Freehand
·         Adobe image ready
·         CorelDraw

2. Web Design :
·         Macromedia Dreamweaver
·         Microsoft Frontpage
·         Notepad
·         Adobe Photoshop

3. Audiovisual :
·         Adobe After Effect
·         Adobe Premier
·         Final Cut
·         Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
·         Ulead Video Studio
·         Magic Movie Edit Pro
·         Power Director

4. Rendering 3 Dimensi :
·         3D StudioMax
·         Maya
·         AutoCad
·         Google SketchUp
·         Light Wave
·         Blender


Tidak ada komentar:

Posting Komentar