Welcome To Azteca's Blog

Minggu, 27 November 2011

New Media




Apa itu New media ? Pertanyaan itu sering kali muncul dari orang awam. Seperti yang dijelaskan oleh Wikipedia, Media baru adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir abad ke-20. Sebagai contoh, New media memungkinkan untuk akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital. Yang membedakan New media dari media tradisional adalah digitalisasi konten ke bit. Ada juga aspek dinamis produksi konten yang dapat dilakukan secara real time, tapi penawarannya kurangnya standar dan belum mampu mendapatkan daya tarik.

Teknologi yang paling digambarkan sebagai "New media" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, game komputer, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program-program televisi, film, majalah, buku, atau kertas berbasis publikasi - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital.

Sosial network atau jejaring sosial merupakan New media dalam media sosial. Saat ini Sosial network berkembang sangat pesat, hampir setiap saat ada saja orang yang menggunakannya. Mungkin saat ini Sosial network merupakan salah satu New media yang digemari oleh masyrakat, lihat saja tak hanya orang dewasa saja yang menggunakannya, kaum remaja banyak yang menggunakannya bahkan tak heran bila zaman sekarang anak SD sudah memiliki akun Facebook atau twitter.

Dengan berkembangnya social network di masyarakat, maka sudah dapat dipastikan bahwa social network memberikan dampak kepada masyarakat.

Dampak positif dari social network adalah memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Dulu untuk berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dari kita, kita menggunakan telpon namun hal ini tak effisien karena telpon ke luar daerah atau luar negri sangatlah mahal biayanya. Sedangkan kita bisa menggunakan surat agar lebih mrah, namun tetap saja ada kekurangannya, berkomunikasi dengan surat sangat tidak efisien karena waktu yang ditempuh untuk surat sampai pada lokasi penerima tidaklah cepat (jika kita mengirim ke luar daerah atau luar negri). Namun sekarang tak perlu khawatir, dengan adanya social network kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di dunia dengan cepat dan murah.

Namun tak hanya dampak postif saja, ada juga dampak negatifnya. Berbagai macam kasus meluai berdatangan dengan adanya social network. Dimulai dari para remaja yang lebih suka mebuka twitter dibandingkan belajar sampai dipecatnya seorang karyawan karena membahas perilaku jelek atasannya di status Facebooknya.

Selanjutnya saya akan membahas beberapa situs jejaring social yang digemari banyak orang

FACEBOOK



Well, mengkin saat ini sudah banyak orang yang menggunakan situs jejaring social ini. Social network ini didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Pada awalnya situ ini terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Namun sekarang hampir setiap orang dapat menggunakannya.

TWITTER


Twitter merupakan salah satu situs jejaring social yang sangat populer di kalangan masyarakat. Situs ini didirikan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Jika Facebook terkenal dengan update status, maka Twitter terkenal dengan istilah tweet atau kicauan. Tweet adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

HEELLO


Heello merupakan situs jejarang social baru yang diluncurkan oleh Noah Everett pada August 10, 2011. Heello disebut-sebut sebagi kembaran dari twitter. Hal ini dikarenakan kosep dan design Heello sangatlah mirip denga Twitter.



Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://en.wikipedia.org/wiki/Heello


Tidak ada komentar:

Posting Komentar