Welcome To Azteca's Blog

Minggu, 27 November 2011

INTERNET




Apa yang terlintas dipikiran anda saat mendengar kata “internet” ?
Yang terlintas di pikiran saya saat mendengar kata “internet” adalah sebuah dunia maya yang menghubungkan orang dengan 1 sama-lain.  Menurut saya internet merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai kumpulkan macam-macam benda elektronik, dimana benda elektronik disini mendukung untuk terhubung dalam jaringan tersebut seperti komputer, laptop, smartphone, Tablet, dll.

Pada dasarnya internet digunakan untuk berkomunikasi dan mencari informasi, kedua faktor tersebut menurut saya merupakan alasan yang tepat mengapa perkembangan internet sangat cepat. Siapa sangka yang pada awalnya diciptakan untuk kepentingan militer menjadi sebuah kebutuhan masyarakat hingga mempengaruhi kebudayaan masyarakat.

 Mungkin zaman sekarang internet dapat diumpamakan “udara” bagi beberapa orang, bagaimana tidak hampir setiap saat ada saja orang yang menggunakan internet. Tak hanya 1 jam namun hingga berjam-jam, kita liat saja anak muda zaman sekarang, hapir setiap saat ada saja kesempatan untuk mengakses situs jejaring sosial atau dari malam hingga pagi bermain game online. Well, sepertinya internet memang sudah mempengaruhi gaya hidup.

Berikut adalah dampak internet bagi masyarakat jika dilihat dari social culture:


1. Dengan adanya internet dan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, orang jadi lebih mudah untuk melakukan komunikasi antar sesama.


2. Masyarakat lebih mudah mencari informasi, seperti mencari lokasi suatu tempat atau mencari kabar-kabar sedang dibicarakan.


3. Masyarakat tak lagi harus keluar rumah untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan dengan adanya online shopping.


4. Memudahkan trasaksi jual-beli, sekarang masyarakat tak lagi harus mencari ATM terdekat, cukup menggunakan e-banking saja.


5. Dulu saat saya masih SD, jika ingin bermain game dengan player lain (multiplayer) saya harus ke rumah teman saya atau teman saya kerumah saya. Namun sekarang sudah berubah, dengan adanya online gaming saya tetap dapat memainkan game dengan teman saya walaupun berbeda lokasi, hal ini sangatlah effisien.

Namun internet bagaikan pisau bermata dua, dimana ada positif disitu ada negatif, berikut merupakan beberapa dampak negatif dari internet terhadap masyarakat jiak dilihat dari social culture :


1. Perkembangan sex bebas di kaum remaja kian hari kian meningkat dan salah satu faktornya adalah tersebarnya ribuan situs porno di internet.

 
2. Sifat sosial pada masyrakat kian menurun, loh ? Dengan adanya situs jejaring sosial, sudut pandang sosial manusia menjadi sedikit berbelok. Sekarang banyak orang yang lebih memilih untuk berkomunikasi lewat situs jejaring sosial dari pada tatap muka.


3. Kecaduan online gaming. Yups, ini merupakan salah satu faktor yang sangat berbahaya. Mengapa berbahaya ?  Saat ini lebih banyak remaja yang menghabiskan waktu di kamar atau warnet dibandingkan aktifitas di luar. Bahkan sudah banyak korban yang meninggal akibat terlalu lama bermain game. Sampai-sampai di Cina dan Korea Selatan telah dibangun tenpat rehabilitas kecanduang bermain game online. Tak hanya pada remaja, zaman sekarang lebih banyak ibu-ibu bermain farmvile(salah 1 game di Facebook) dari pada memasak -____-


4. Kecanduan ngupdate status di FB atau ngetweet di Twitter. Makin banyak saja remaja-ramaja yang lebih aktif ngupdate status FB atau mengecek twitter mereka dibandingkan melakukan aktifitas. Bahkan kaum tua pun tak mau kalah


5. Tak mempedulikan keadaan lingkungan di dunia(bumi) dan malah lebih memperhatikan dunia maya, sungguh miris sekali.

Kesimpulanya internet benar-benar sudah mempengaruhi social culture dan gaya hidup, tapi perlu diingat bahwa internet merupakan pisau bermata dua. Jika kita menggunakannya dalam hal yang positif maka akan sangat menguntungkan bagi kita, namun jika menggunakannya untuk hal negatif maka pada dasarnya hanya kerugian yang kita peroleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar