Welcome To Azteca's Blog

Minggu, 27 April 2014

Disiplin Dalam Belajar

 
Disiplin Dalam Belajar

        Menurut saya pribadi, disiplin adalah suatu sifat dimana pemilik sifat tersebut melakukan sesuatu aktifitas sesuai dengan aturan yang telah ditentukan secara tepat dan sama persis seperti yang telah ditentukan. Aturan-aturan bisa berasal dari diri sendiri maupun aturan yang telah berlaku pada masyarakat, tergantung masing-masing orang.

        Segala sesuatu yang bersifat positif jika dilakukan dengan disiplin lebih perpeluang untuk menghasilkan hasil yang lebih baik, sebagai contoh seorang siswa yang belajar dengan disiplin akan lebih efektif jika dia mealkukan proses pembelajaran tanpa diikuti disiplin. Hal ini dikarenakan disiplin membuat seseorang tidak malas dalam mengerjakannya, kemudian juga lebih rapih dalam proses pengerjeaannya. Oleh karena itu disiplin sering dikaitkan sebagi kunci dalam mencapai keberhasilan.

Disiplin juga dapat digunakan sebagai tolak ukur baik tidaknya kinerja seseorang, orang yang disiplin cenderung lebih diminati dalam dunia kerja karena memiliki peluang untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. Orang yang disiplin juga lebih sering dipandang sebagai orang yang pekerja keras dan serius, oleh karena itu di mata masyarakat orang yang disiplin lebih dipilih daripada orang yang tidak disiplin.

        Salah satu keuntungan menerapkan disiplin adalah disiplin dapat menghilangkan beberapa sifat kurang baik, seperti sifat malas, sifat tidak bertanggung jawab, sifat tidak melarikan diri dari masalah dan beberapa sifat lainnya.

Dengan sekian banyak faktor positif yang dihasilkan oleh disiplin, disiplin juga diikuti dengan beragam hal yang menyulitkan karena disiplin bukanlah hal yang  mudah untuk dimiliki atau dilakukan karena beberapa faktor yang ada. Faktornya yang pertama adalah waktu, karena disiplin sangatlah erat dengan waktu, oleh karena itu disiplin bisa diterapkan jika orang tersebut tidak memiliki sifat dikejar waktu. Kemudian ada faktor yang kedua, yaitu  lingkungan yang memperngaruhi sifat dan watak dari seseorang, hal ini menyebabkan terpengaruhnya ambisi untuk belajar secara disiplin. Faktor yang terakhir adalah ketertarikan, hal ini dikarenakan orang lebih cenderung menerapkan disiplin terhadap hal yang disukai dibandingkan dengan yang tidak disukai.

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi untuk menerapkan sifat disiplin, maka tak heran jika lebih banyak orang yang tidak disiplin dibandingkan dengan orang yang disipli. Banyak orang yang senang untuk mencoba sifat disiplin namun tidak sedikit pula jumlah orang yang menyerah untuk menerapkan sifat disiplin. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran, niat yang kuat, dan usaha yang besar untuk terbiasa dalam melakukan hal dengan disiplin. Namun dibalik kesulitan yang harus dijalanin, disiplin memeberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan melakukan sesuatu dengan tidak disiplin. Oleh karena itu pribahasa yang tepat untuk menggambarkan disiplin adalah “bersakit-sakit tdahulu bersenang-senang kemudian”.

Pada akhirnya orang yang disiplin pada satu hal bukan berarti dirinya disiplin pada semua hal, sesorang yang bekerja secara disiplin tidak menyimpulkan bahwa dirinya juga disiplin dalam belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar